Kamis, 01 Juli 2010

XPDC G.UNGARAN


GUNUNG UNGARAN (2050mdpl)

TENTANG UNGARAN MOUNT

Memang bagi para pendaki profesiaoal kurang senang atau jarang yang yang mendaKI D G.Ungaran,itu di karenakan banyak factor,mulai dari g.tersebut memang kurang tinggi di banding gunung2 laen yang ada di jawa,terutama di jawa tengah sendiri yang memiliki begitu banyak gunung .sehingga para pendaki memilih naek di gunung yang laen di banding di ungaran. Atau factor yang laen yaitu g. ungaran tidak di anggap gunung bagi para pendaki,melainkan di sebut sbg bukit…

Ya,itu memang terserah pada yang menilainya…,dari segi apa…..??

Ayoe…naik ke ungaran…

Gunung ungaran (2050mdpl)memiliki kurang lebih ada 3 jalur utama( itu yang saya ketahui)jalur jimbaran,jalur limut gonoharjo,jalur gedong songo.

1.Jalur limut gonoharjo ( medini)

Kalau pengen cepet sampai puncak lewat aja jalur limut gonoharjo karena motor bias naik sampe basecamp atau langsung ke desa medini yaitu desa di bawah kaki g.ungaran langsung. Dari desa medini ini kita cukup berjalan -+ 3jam an menuju puncak.

2.jalur jimbaran

Jalur ini adalah jalur favorit saya!!disamping ini jalur terpanjang pokoknya kalian tak akan rugi klo lewat jalur ini karena view pemandangannya keren abisz naik,turun bukit,masuk-keluar hutan. Keren dch pokoknya..hehe……di basecamp jalur ini juga ada banyak jualan acsesoris khas gunung. ( stiker,kaos, pin dll)jangan lupa di sini juga kita harus beli tiket, biar rombongan kita terdata oleh tim sar disana…

Perjalanan…

Dari mana saja temen2 naik bus jurusan bandungan turun di pasar jimbaran, klo dari arah semarang kita masuk gapura sebelah kanan depan pasar jimbarab.truz kita masuk lewat kampong dari pasar jimbaran ini sampe basecamp lumayan jauh juga lho kita jalan kaki nya, -+3jam an.dari basecamp penjualan tiket kita akan menemui jalan tanjakan tanpa bonus (istilah untuk jalan tanpa jalur landai)sampe pos mawar,nah di pos ini kita bias istirahat karena di pos ini banyak warung2 pokoknya kita tidak akan kelaparan deh ( asal kita bawa uang banyak…hehehe)dari pos mawar ini perjalanan sesungguhnya akan di mulai….kita akan memasuki hutan dan 2 bukit…( pertama naik ungaran th 2001 di dalam hutan masih banyak irigasi air,tp 2009 waktu naik ungaran lagi ternyata semua irigasi di sepanjangn hutan ungaran telah di tutup diganti dengan pipa 2 pralon yang besar2,ya resiko deh..tidak bias renang lagi n main2 air di situ,)kenapa

Sungai yang dulu lebar ,berair jernih itu Di tututp pipa 2?denger dari penduduk situ dan teman 2 yang kebetulan ketemu waktu naik karena banyaknya longsor dan telah rusaknya ekosistem hutan…jadi klo tidak ditu2p pipa2 maka dikhawatirkan saluran irigasi tersebut akan tertutp bila terjadi longsoran,jadi kita tidak bias lagi mengambil air n berenang di situ sesukanya karena hanya di beberapa tempat pipa yang di lubangi sbg tempat untuk mengambil air bg para pendaki.….

Keluar dari hutan kita akan menemui perkebunan kopi. Di situ terdapat juga kolam renang,klo memang lagi pengen langsung aja, berenang..,setelah keluar dari kebun kopi hamparan kebun teh akan menyambut kita, ,dari sini puncak g,ungaran terlihat sangat jelas,di sinilah pertemuan dua jalur pendakian dari rute limut gonoharjo dan rute jimbaran.dari pertemuan jalur ini ikuti aja jalurnya..sekitar 10 mnt dari jalur itu ad persimpangan jalan. Lurus aja ikuti jalur utama jangan sampe ambil jalur kiri karena jalur sebelah kiri adalah jalur atau biasa di sebut kandang demit.tp kalau kita pgn tantangan menuju jalur puncak boleh kita coba jalur menyeramkan dan penuh mistik ini.... Dari kebun teh ini menuju puncak -+ 3jam perjalanan lagi. Menuju puncak ungaran medan bebatuan lumayan ekstrim.jadi hati2 aja ok….

3.jalur gedong songo

Jalur ini kebanyakan dipilih oleh para pendaki sbg jalur waktu turun karena di samping sgb tempat istirahat, g.songo jg merupakan tempat rekreasi jd di gedong songo merupakan finish pendakian g.ungaran.lumayan gratis dari pada lewat gedong songo bayar tiket 7000 mending lewat jalur medina dan jimbaran Cuma 1500…hemat.hehehe…..

2 komentar:

  1. Ehem.. foto yang bawah sama siapa tuh? hati2 ada setan ditengah2nya..

    BalasHapus
  2. @ahmad: wadow......gag usah suuzon n ngegosippp loe,to fto ma tmn gw anak kamapala ikip pgri smg..

    BalasHapus